Skip to main content

Ulasan Anime Natsume Yuujinchou



Natsume Takashi, memiliki kemampuan melihat hal yang tidak bisa orang lain lihat. Dia bisa melihat hal-hal gaib seperti Youkai atau Ayakashi (roh/hantu). Oleh karena itu dia di anggap aneh dan di jauhi oleh orang2 di sekitarnya dan tumbuh menjadi orang yang pendiam.
Natsume adalah seorang yatim-piatu oleh karena itu dia tinggal berpindah-pindah dari kerabat satu ke kerabat yg lain.  
Suatu ketika dia bertemu dengan seekor kucing yang bernama Madara (nyanko-sensei) yang merupakan Ayakashi tingkat tinggi alias kuat.


Natsume memiliki Buku Persahabatan (Yuujinchou) peninggalan alm.neneknya dimana didalamnya tertulis nama-nama Ayakashi yang didapatkan oleh neneknya yaitu Natsume Reiko, seorang perempuan yang memiliki kemampuan yang sama dengan Natsume. Berbeda dengan Reiko, Natsume berniat mengembalikan nama-nama Ayakashi dalam Buku Persahabatan itu, Bersama dengan Madara (nyanko-sensei) yang jadi penjaganya, setelah itu Natsume mengalami masa-masa dengan Ayakashi lain.

natsume reiko

Natsume adalah anime yang kesan slice of life-nya bagus banget, tentang bagaimana hubungan antara manusia yang mempunyai kekuatan untuk melihat makhluk halus dengan para makhluk halus tersebut. jadi ceritanya bisa terbilang ringan tapi bisa juga serius banget. tapi bukan antara manusia dengan makhluk halus saja tapi antara hubungan sesama manusia juga kita bisa melihatnya
.
Di setiap episode kita bisa melihat pola yg hampir sama yaitu munculnya ayakashi yang menggangu atau namanya ingin dikembalikan. Dan yg paling menarik adalah sesaat setelah natsume mengembalikan nama setiap ayakashi natsume seolah mendapat gambaran ayakashi di masalalunya yg membuat penonton merasa tersentuh dan heartwarming ga karuan, pada momen itu  juga kita melihat sedikit demi sedikit masalalu neneknya natsume reiko yg sama2 sendirian dan di kucilkan karena kemampuannya itu,  setiap episode mempunyai alur ceritanya tersendiri.



Salah satu yang paling menarik perhatian saya adalah kucing gendut penjaga natsume yaitu nyanko sensei atau madara, mungkin anime ini akan sangat membosankan jika tidak ada karakter nyanko-sensei di dalamnya, kelakuannya disaat bentuk kucing gendut bisa sangat membuat penonton tertawa karena dia seperti bukan youkai buas malah terlihat seperti kucing gemuk pemalas tukang makan saja. kelakuan dan suaranya itu juara banget. tapi saat dia berubah ke wujud aslinya lain ceritanya. seperti kepribadiannya yang lain muncul. nyanko sensei disini bertugas sebagai penjaga natsume sekaligus menjaga buku persahabatan juga meskipun sebenarnya dia juga mengincar buku persahabatannya sih. tapi meskipun awalnya dia terlihat ogah untuk melindungi natsume tapi sedikit demi sedikit dia menjalin hubungan dengan natsume bukan sebagai penjaga atau pengawal saja tapi lebih menjadi seperti temannya.

interaksi natsume dan para youkai

Tidak hanya menguatkan tokoh karakter utama, tapi juga mengikutsertakan tokoh pembantu di cerita selanjutnya, meluaskan lagi cerita yg ada, dan menjadikannya jelas bahwa anime ini merupakan yg terbaik serta layak untuk anda tonton

Seiring berjalannya waktu saya melihat natsume yang awalnya sulit berteman karena permasalahannya dengan youkai tapi perlahan – lahan dia mempunyai ikatan dengan teman – temannya baik itu manusia maupun youkai. teman manusianya ada yang tau kemampuan natsume dan mereka bisa menerima dengan baik ada juga yang biasa saja dan tidak tahu kemampuan natsume tapi natsume masih berteman baik dengan mereka. begitu pun dengan youkai mereka mungkin menganggap natsume lebih seperti tuannya tapi jauh didalam hati mereka menganggap bahwa natsume itu adalah teman mereka. natsume disini menjadi penghubung bagi manusia dan youkai, dia percaya bahwa manusia dan youkai bisa hidup berdampingan.

di dalam flashbacknya, reiko selalu terlihat sendirian.


moment menyentuh hati dimana natsume akhirnya merasakan kehangatan sebuah keluarga.

Serius anime ini semakin bagus di setiap episodenya, tiap eisode mempunyai cerita yg berbeda tetapi saling terhubung satu sama lainnya,
Ini merupakan anime yg paling menyentuh yg pernah saya tonton, banyak sekali moment heartwarming di setiap episodenya,

heartwarming moment

moment paling mengharukan di season3


ketika seorang manusia jatuh cinta terhadap youkai

pembawaan ceritanya yang berbeda lalu perasaan Natsume terhadap ayakashi itu sendiri dan juga masalah yang dialami para ayakashi bisa dibawakan dengan baik. Anime yang cocok bagi yang suka genre slice of life yang heartwarming dengan pencampuran misteri.

kisah seorang youkai pembawa payung

moment terbaik di season1

Intinya kalian harus nonton anime ini, yang biasanya suka anime action mending stop dulu dan nonton anime adem yg satu ini, selain tontonannya ringan banyak sekali hikmah dan pesan moral di setiap peristiwa di dalamnya yg bisa kita dapat di anime ini, cocok juga di jadikan tontonan keluarga bagi anda.

Hampir lupa ngebahas salah bagian terbaik dari anime adalah musiknya. lagu pembuka dan penutup anime ini hampir semuanya itu juara banget. baik dari segi lirik maupun instrumennya itu cocok banget dengan anime ini, BGM/musik latarnya sangat menenangkan hati dan selalu pas dengan cerita di anime ini.

moment heartwarming lainnya

saat natsume pertama kali pindah ke rumah keluarga fujimura

Bagi yang mencari tontonan yang ringan tapi gak bisa bikin bosen dan tentunya banyak adegan mengharukan dan menyentuh serta pembawaan cerita yg ringan dan bikin adem, natsume yuujinchou ini sangat menarik untuk anda tonton.

saat reiko bertanding dengan salah satu youkai

flashback antara shigeru dan touko-san

Penilaian saya terhadap anime ini dari season 1-6 di akun MAL saya seperti dibawah ini:














Comments

  1. Saya setuju, animenya keren :v

    ReplyDelete
  2. Baru selesai nonton marathon dari season 1. Animenya candu :v Apa nanti ada season selanjutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada kepastiannya.. Tapi saya harap pengen ada kelanjutannya...
      Masih banyak mistery tentang si reiko...
      Dan kenapa si takashi pake nama marga neneknya..

      Delete
  3. Anime nya dapat dari teman, S6 nya cm 11 episode ya?
    Kayak kurang greget koq ya ending nya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap cuma ada 11 eps...
      Bener sih endingnya gantung di tambah masih banyak misteri tentang si reiko..

      Delete
  4. aku mulai seneng setelah nonton movienya,
    langsung nonton series dari season 1-6 + ova
    :'( semoga cepat keluar s7 nya

    kangen

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih kak , informasi yang sangat bermanfaat, sy juga ingin berbagi informasi , silahakan klik DISINI

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ulasan Anime NANA

"Katakan, Nana ... apa kamu ingat saat pertama kali kita bertemu?" "Nana, kau tahu ? pertemuan kita ini seperti sudah ditakdirkan!" Anime ini berkisah tentang 2 orang gadis dimana mereka memiliki nama yg sama tetapi dengan kepribadian yg berbeda.

[Rekomendasi] 30+ Anime Shoujo Terbaik

Shoujo adalah salah satu genre yang paling dikenal di dunia anime/manga ... tapi seberapa banyak Anda benar-benar tahu tentang shoujo? Apakah shoujo hanya tentang kisah asmara anak SMA yang ditujukan pada gadis-gadis muda atau mungkin lebih dari itu? Mari kita cari tahu lebih banyak dan rekomendasi anime shoujo terbaik menurut saya .

Ulasan Anime 3-gatsu no Lion

Sangatsu no Lion adalah anime yang cukup menarik untuk ditonton.  Anime ini juga disebut dengan 3-gatsu no Lion dan March Comes in Like a Lion. Alternative Titles English:  March comes in like a lion Synonyms:  Sangatsu no Lion Japanese:  3月のライオン Information Type:   TV Episodes:  22 Status:  Finished Airing Aired:  Oct 8, 2016 to Mar 18, 2017 Premiered:   Fall 2016 Broadcast:  Saturdays at 23:00 (JST) Producers:   Aniplex ,  Dentsu ,  NHK , Hakusensha ,  Asmik Ace Entertainment , Toy's Factory Licensors:   Aniplex of America Studios:   Shaft Source:  Manga Genres:   Game ,  Slice of Life ,  Drama ,  Seinen Duration:  25 min. per ep. Rating:  PG-13 - Teens 13 or older